Carilah Ilmu yang bermanfaat ya ikhwah!

Sedang mencari Ilmu ? Carilah Ilmu yang bermanfaat ya ikhwah!

Ilmu adalah kunci dari kebahagiaan dunia dan akhirat, dengan ilmu kita akan memiliki patokan dan landasan dalam menjalani kehidupan ini, kita akan mengetahui mana yang benar dan mana yang salah, dengan ilmu kita menjadi tahu hal apa saja yang Allah perintahkan dan Allah Ridhoi, sebaliknya kita akan tahu perbuatan mana yang Allah larang dan murkai. selain itu kita juga akan menjadi tahu perbuatan apa saja yang dicontohkan oleh Rasulullah, sehingga kita akan terhindar dari yang namanya perbuatan bid’ah.

Waktu yang kita jalani saat ini tidaklah menjadi sebuah hal yang sia-sia jika digunakan untuk mencari dan mendalami ilmu, firman Allah subhanahu Wat’ala ;

“Demi masa, Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.”  (QS. Al-ashr)

Ya ikhwah, sepatutnya bagi kita untuk selalu bersemangat dalam mendalami dan mempelajari ilmu, seperti yang kita ketahui ilmu yang wajib kita pelajari adalah ilmu agama, sebagai ilmu syar’i yang akan memberikan manfaat kepada kita baik di dunia dan di akhirat. marilah kita cari ilmu yang bermanfaat bagi kita dalam mempelajarinya, hindarilah ilmu-ilmu yang tidak berfaidah dan malah membuat kita tersesat kedalam keburukan amal.

Al-Hafizh Adz-Dzahabi rahimahullahu berkata:
“Ilmu yang dibenci untuk dipelajari serta disebarkan adalah ilmu orang-orang terdahulu (ilmu tentang konsep ketuhanan menurut orang-orang jahiliah dan ahlul kitab, pent.).

Juga ilmu ketuhanan menurut filosof berikut sebagian bahkan mayoritas aktivitas mereka: ilmu sihir, ilmu sulap, ilmu kimia (yang tidak bermanfaat, ed), ilmu perdukunan, ilmu tipu muslihat, dan usaha penyebaran hadits-hadits palsu serta seluruh kisah batil ataupun munkar, sejarah kepahlawanan-kepahlawanan rekaan dan yang semisalnya, risalah-risalah pengikut paham tasawuf (sufi) berikut syair-syair yang mengandung celaan terhadap kemuliaan nubuwah, serta ilmu-ilmu batil lainnya yang sangat banyak.


Karena itu berhati-hatilah! Barangsiapa dari kalangan para cendekiawan yang diuji untuk melakukan penelitian dalam ilmu-ilmu tersebut karena kelapangan dan keilmuannya hendaklah mempersedikit upaya untuk itu dan menelaahnya untuk dirinya sendiri, dan hendaklah dia meminta ampun kepada Allah l dan bersandar kepada tauhid serta berdoa meminta keselamatan dalam agamanya.

Demikian pula hadits-hadits palsu yang sangat banyak jumlahnya, yang memuat tentang sifat-sifat Allah l. Tidak halal untuk disebarluaskan kecuali dalam rangka tahdzir (memperingatkan manusia) supaya tidak meyakininya. Jika memungkinkan untuk meniadakannya, maka itu lebih baik lagi.”
“Ya Allah, jagalah keimanan kami…. Tiada kekuatan kecuali kekuatan Allah semata.”
(An-Nubadz fi Adabi Thalabil ’Ilmi hal. 55-56)

Semoga kita semua digolongkan kedalam ahlul ilmi yang senantiasa di jaga oleh Allah Subhanuhu wat’ala agar selalu semangat dalam mempelajari ilmu-ilmu yang bermanfaat. amiin ..

Barokallahu fikum,

Referensi tulisan : http://www.asysyariah.com/syariah.php?menu=detil&id_online=760

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s